KOCAK #2: Money Management Itu Penting

Mahdi H. Cakra B.
4 min readMay 12, 2022

--

Selamat datang di seri tulisan kedua berjudul KOCAK atau Koar-Koar Cakra yang bakal ngebahas keresahan Cakra (penulis) tentang segala hal yang ada disekitarnya khususnya realita dunia. Karena emang ga bisa dipungkiri, realita hidup itu sungguh pahit. Kompleksnya problematika dunia, menambah tekanan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Ditambah sekarang kita hidup bukan hanya sekedar bangun tidur-makan-tidur lagi, namun tentang kita sebagai manusia yang ga bisa hidup tanpa uang.

Kata orang uang ga bisa ngejamin kebahagiaan, tapi realitanya, tanpa uang kita juga susah dapet bahagia karena mikir mulu besok mau makan apa. wkwk…

Pewdiepie Youtuber Kaya Asal Swedia

Apakabar teman-teman peraih cita, pencari cinta namun terhalang realita. Selamat datang kembali ke tulisan yang isinya tentang apa aja terserah penulis suka. Gimana nih temen temen #31harimenulis yang udah pada di Jogja, masih suka mikirin hari ini apa yang mau dimakan? atau kadang miris sama berapa sisa uang bulanan di dompet kalian ?

Sebagai seorang mahasiswa awal perantauan yang jauh dari keluarga kesayangan. Masalah dompet dan keuangan masih jadi hal yang bikin stress dalam ngejalani keseharian. Pasalnya, kita yang masih bergantung sama uang bulanan, harus manfaatin kiriman uang dengan sebijak-bijaknya. Mungkin aja kalo habis kita pinjem sama teman, tapi ya itu pilihan terakhir daripada nanti ada kasus pembunuhan karena kita ga mau bayar utang. wkwk…

Maka dari itu, Money Management atau ngatur keuangan itu penting banget. Terlepas dari uang itu masih dari orang tua, kita juga perlu mengotrol gimana keluar-masuknya uang yang ada di dompet atau di rekening kita.

sumber

Sebagai seorang yang harus bertahan hidup jauh dari orang tua dengan duit seadanya. Gaada salahnya juga kita tahu pembagian uang yang dikasih orang tua, demi kesejahteraan kita di Jogja juga.

Konsep pembagian uang ini juga harus kita pahami temen-temen, demi uang bulanan kita tu ga tiba-tiba habis gitu aja. Nah disini, karena aku sering nonton Youtube tentang trading dan saham, aku belajar dari sana kalo kita harus ngebagi uang jadi 2 yaitu uang dingin dan uang panas. Uang panas adalah uang yang kita gunain untuk kebutuhan sehari-hari. Sedangkan uang dingin adalah uang yang ga kita gunain untuk kebutuhan apapun, kasarnya kaya uang sisa dari kebutuhan sehari-hari lah.

Nah terkadang disini, kita tu kurang bijak waktu gunain uang dingin ini temen-temen. Kadang kita ngafe, nongkrong sama temen beli rokok tiba-tiba duit habis 100 ribu tanpa kita sadar gitu aja. Padahal uang segitu bisa buat makan beberapa hari kedepan dan malah habis dalam satu kali nongkrong.

Nah karena itulah manajemen keuangan bakal ngebantu kita banget nih temen-temen karena daripada kita boros banget sama uang bulanan, gaada salahnya kita hemat buat jaga-jaga juga siapa tahu kita malah kelaperan di akhir bulan. Manajemen keuangan disini juga bakal berperan banget sama gimana kita ngelihat uang, bukan lagi uang sebagai barang transaksi aja, tapi sebagai apa yang harus kita hargai untuk menunjang kehidupan.

Aplikasi buat ngebantu kalian ngelihat keluar-masuk keuangan

Terus gimana dong Cak, caranya manage uang biar ga keteteran diakhir bulan ?

Disclaimer dulu aja, Aku juga masih baru kok soal ngatur uang ini. Awalnya juga karena bulan lalu dimarahin orang tua gara-gara uang yang aku dapet tiba-tiba habis gitu aja tanpa ada keterangan uang itu habis untuk apa. Aku pun waktu itu juga bingung, ini kenapa tiba-tiba duit sisa segini padahal aku pikir aku keluar uang cuma buat makan.

Nah, mulai saat itulah aku harus sadar betapa pentingnya money management itu. Diawali dari ngerti dulu mana uang panas mana uang dingin, aku ngebagi uang bulanan aku jadi 2 yaitu, uang panas dan uang dingin. Uang panas adalah hasil perhitungan aku untuk biaya kontrakan, makan, dan berbagai kebutuhan di Jogja satu bulan kedepan. Sedangkan uang dingin adalah tabungan aku yang harus aku keep dan jangan sampai kepake dan hanya untuk kebutuhan mendesak aja.

Selanjutnya, kalian bisa juga nih, install aplikasi manajemen uang di hape kalian masing-masing. Karena jujur, setelah aku masang aplikasi ini di hape aku sendiri, aku jadi mulai mikir-mikir buat keluarin uang aku sendiri untuk kebutuhan yang sebenernya ga perlu-perlu banget dan bisa ditunda untuk beberapa waktu kedepan.

Aplikasi ini tuh berguna untuk kalian tahu, berapa banyak pengeluaran kalian dari kiriman bulanan dari orang tua. Di aplikasi ini juga, kita bisa ngelihat berbagai presentase keuangan kita, kayak kita tu keluarin duit buat apa aja sih ?. Sekaligus sebagai bukti buat orang tua, kalo kita tu keluar duit bukan hanya buat jajan kemana-mana.

Buat temen-temen yang sekarang ada di Jogja atau sebentar lagi bakal menetap di Jogja. Yuk bareng-bareng kita ngatur keuangan kita, karena selain untuk kesejahteraan kita menimba ilmu di Gadjah Mada, kita juga bisa lebih menghargai eksistensi uang sebagai suatu hal yang lebih berharga demi masa depan kita juga.

--

--